THE HEAVY – funky neo-soul

Ohmegod too many tags — Ni band asik banget! Vokalnya soul, musiknya rock yang kental gitar n drumnya, funky horn-nya. Sukaa~

I really love songs that integrate various different elements in their music. Misalnyah, Bondan Prakoso’s “Kroncong Prothol” yg nyampurin keroncong, rap, rock. Ya yang gitu-gitu deh. Makanya, pas pertama dengar lagu The Heavy di iyutup, jadi suka, cos suaranya soul agak serak-serak gimana gitu tapi iringannya rock-ish.

HOW YOU LIKE ME NOW? — Dat music. Mm mm mm. Mmm! Ini lagu ternyata banyak dipake buat acara tipi. Sering dengar di National Geographic Channel juga, pas iklan acara-acara buat bulan ini. Catchy music, sih. Lagu ini uda keluar dari tahun 2009.

dat funky horn, dat guitar, dat drum, dat voice– a.w.e.s.o.m.e.

Musik awalannya itu lo. Wow. Yang bikin ngena mungkin funky horn-nya ya. Eh, tapi tapi gitarnya juga asik dings. Eh, tapi drumnya juga enak. Eh, eh, tapi suaranya juga khas. Eh. Eh, eh, eh. Ya gitu deh, pokoknyah.

Daftar acara yang pake ni lagu as theme song, maak bejibun: serial komedi  Entourage, trus sitkom Community, Rookie Blue, White Collar, game MLB The Show 10, pilemnya Mark Wahlberg n Christian Bale yang tinju-tinju itu: The Fighter, pilem Horrible Bosses, trailernya The Change-Up, dipake juga di pilem Limitless di alternate endingnya, jadi ost This Means War yang ada Chris Pine, Tom Hardy, n Reese Witherspoon, [hosh hosh hosh banyak amat paknee] trus iklan mobil Kia Sorento pas Superbowl, ost game Driver: San Fransisco, iklan minuman Strongbow dari Inggris anakannya Heineken, pilem Ted romance comedy yang ada Mark Wahlberg ma Mila Kunis ma seekor boneka beruang, iklan acara Intentional Talk-nya sport channel khusus baseball MLB Network, jadi lagu pembukaan Hockey Night in Canada, DAN KATANYAA, jadi lagu pertama, ever, yg diminta dimainin encore-nya di Late Show With David Letterman episode 18 January 2010. [tewas dah gue nulisnya. ubi bakar buat yg ngebaca satu-satu!]

WHAT MAKES A GOOD MAN — Aduh. Laper. *ngilang ambil makan* Horree, kakak saya pulang ngebawa puding dua macam. Lumayan~ Enyak enyak enyak. Gretongan pulak.

Yak ngelantur ehm. Sebenarnya ini lagu pertama The Heavy yang saya dengar, single pertama dari album ke-tiga mereka [2012]. Music video-nya nuansa tahun berapa ya itu? 40s, 50s, 60s, 70s? Ya itulah pokoknyah.

theme tahun berapa yak ini? 50s? 40s? 60s? hmm..

Suara embak-embak back-up singers-nya menambah rasa soul jaman dulu di lagu ini. Oya, lagunya dijadiin ost trailer beberapa game, yaitu seperti sebagaimana yang diinstuksiken adalah: action-adventure Sleeping Dogs [Square Enix], 1st person shooter game Borderlands 2 [Gearbox Software & 2K Games], ma NHL 13-nya EA Canada.

Pidio kelipnya sendiri ternyata ada beberapa. Ada yang isinya a still picture of… something. Ada music video yang bernuansa masa lalu [^the above]. Trus, ada yang pidionya bersetting di bar dengan band members sebagai cameo doang [below]. I personally like the one with the 60s theme best, though.

this other video…

This music video… Tadinya saya ga berniat ngintip isi music video yg ini, cos niatnya cuman mau tulis linknya doang, ga pake embed video. Tapi, cos penasaran, plus buat ngebandingin ma video yang nuansa 60s itu, akhirnya ngintip juga.

Ternyata, it’s not bad. Sisi bagusnya, lagunya jadi theme song cerita yang di music videonya itu, dan ceritanya mayan bikin penasaran.

Alkisah, pada jaman dahulu kala, ada mas-mas galau yang lagi nongkrong di bar, looking grumpy n drunk. Dia bikin kekacauan di situ. Diusir deh dirinya.

Pas pulang ke apartemennya, dia ngeliat ada pintu salah satu apartemen yang terbuka, dan di dalamnya terlihat seorang pria yang terkapar berdarah-darah. Mas mabuk yang jadi rada shock itu mendekati si terkapar itu [to check for pulse, id, or just stupidly curious, I dunno].

Sialnya, pas lagi mengemeg-emeg si korban [apaan tuh bangg? menowel-towel alias pegang-pegang maksutnyah], ada embak-embak lewat [mau jualan gorengan mungkin?] yang ngeliat dia, kemudian tereak [bukan mau nawarin gorengan or nagih utang gorengan] cos dikiranya masnya yg ngebunuh orang itu. Cos si masnya keliatan drunk, dan si embaknya takut, dan ada newcomer yang berusaha nahan masnya, sang masnya-pun lari.

Panik dan binun, masnya nyolong mobil di tempat parkir, lalu pada hari Minggu pergi ke kota naik delman istimewa yang dicolongnya tadi. Melarikan diri ceritanya.

Si masnya terus nyetir, hampir nabrak orang nyebrang, lewat jembatan, trus, nah di sini kejutannya terjadi: THE SONG & MUSIC VIDEO ENDS. It got cut off, to be exact, judging from the remaining grey bar that just..hanging there on the right side. Not turning red no matter how hard I stare at it.

Is it my connection? Is it my account? Is it just a temporary error? Is it just the way it is? Is it to be continued on another music video? Is it a new marketing strategy, to make people subscribe to watch the rest? Is it me? Is it my hair? I dunno. Yang pasti, if it _is_ being cut off on purpose, I can just imagine someone somewhere out there is putting on that face. Dat trollface. Siyalll. Me gots punked.

CILUUUK — bhaa… PICK AAA — boo…

SIXTEEN — Kalo lagu ini keluaran tahun 2009, sama kayak How You Like Me Now. Sixteen relatif lebih kalem dibandingin ma yang dua di atas. Musiknya sama catchy-nya ma How You Like Me Now. Unik. Jenis lagu yang beat bass-nya bikin gatel cos aneh-aneh-lucu-nyebelin-wagu-bagus gimanaa gitu. Bass n terompetnya asik.

yaelah mas, pake makan sandwich berjamaah segala kekeke

Ngemeng-ngemeng ye bang. Ni leher kok ngilu. Bahaya masuk angin nih kayaknya uh.

Yak ngelantur jilid 2 ehm ehm. Lagu Sixteen bercerita tentang cewek remaja yang dikadalin ma syaiton irojim, alias terjerumus ke lembah dosa [jiahh istilahnya]. Ya gitu deh. Jangan ditiru ya anak-anak *nod nod*.

BAND MEMBERS! — Anggotanya empat orang. They are Kelvin Swaby/Swaby [vocals], Dan Taylor/Dan T or Taylor [guitar], Spencer Page/Spence [bass], n Chris Ellul/Chris [drums].

Single pertama mereka ternyata keluar uda dari tahun 2007. Judulnya That Kind Of Man dari album pertama mereka Great Vengeance And Furious Fire [belum sempat dengar lagunya]. Sampe sekarang uda ada tiga album. Adik pertamanya: The House That Dirt Build [2009]. Di dalamnya ada How You Like Me Now ma Sixteen. The newest one is The Glorious Dead [2012], yang ada What Makes A Good Man.

Mereka ikut label rekaman indie Counter Record, turunan indie label Ninja Tune yang khusus fokus ke genre rock. Btw. Wehe kayak ahli musik aja ni, padahal cuman baca dari wikipedia nyeh nyeh jadi pengen ga pengen malu.

ini di setting “Sixteen” kah?

Oya. Official website mereka di theheavy.co.uk. Kalo myspace di myspace.com/theheavy. Kalo contekan saya mainly dari sini. Ditunggu deh, lagu berikutnya ya bang The Heavy yaa~ Makasi musiknya kakaaak.

*poof*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s